Materi Fisika Terapan hari Senin tanggal 20 Pebruari 2012

Materi ini dikhususkan bagi siswa SMAN 1 Gondang Mojokerto yang memprogram Fisika Terapan pada semester genap tahun pelajaran 2011-2012. Silahkan baca dan pelajari artikel pada dua link di bawah ini:



Kemudian berikanlah komentar/pendapatmu tentang isi artikel tersebut dengan cara memberi komentar pada postingan ini. Cara memberi komentar, klik "komentar" dibawah artikel ini yang semula "0 komentar" dan akan bertambah setelah masing-masing siswa memberikan komentar, lalu ketik komentar/pendapatmu, lalu pilih akun yang anda punyai, lalu klik "publikasikan". Kemudian pastikan komentar anda sudah tampil dengan cara me-refresh atau me-reload halaman tersebut.

Komentar yang dinilai adalah yang dipostkan sebelum hari Senin,  27 Pebruari 2012.

Komentar

  1. tulisan ini sangat menarik dan bermanfaat dan bisa mengurangi penggunaan energi akan tetapi membudayakan penggunaan pompa gravitasi menurut saya sangat sulit dilakukan karena untuk menggunakannya sangat rumit.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sudah membaca artikel ini? http://obortani.com/read/2009/03/27/hidram-pompa-air-tanpa-listrik-dan-bbm-corporate-social-responsibility-csr.html

      Hapus
  2. Nama : Rafika Tivra Crisdianam
    Kelas : XI IPA 2
    No. Induk : 5332

    HERAN!! ada yang mampu memompa air "selamanya" tanpa listrik tanpa BBM.

    Analisa pada artikel "paijo" menurut saya memang benar. Pompa tersebut tidak dapat bekerja. Energi potensial air yang ada di sumur lebih kecil daripada energi potensial di kran karena posisi sumur lebih rendah daripada posisi kran. Sehingga air tidak akan dapat mengalir sendiri dari sumur menuju kran tanpa masukan energi dari luar sistem.

    Jika benar pompa gravitasi dapat bekerja, maka akan menjadi sumber energi yang tidak terbatas dan dapat menggantikan bahan bakar fosil yang sudah semakin menipis. Kita juga tidak perlu bicara mengenai krisis energi.

    Semua hukum fisika adalah hukum Allah :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sudah membaca artikel ini?
      http://obortani.com/read/2009/03/27/hidram-pompa-air-tanpa-listrik-dan-bbm-corporate-social-responsibility-csr.html

      Hapus
  3. Menurut saya dari segi nalar memang proses kerja pompa gravitasi tidak bisa terjadi karena kita juga sudah mengetahui dari hukum potensial yaitu air akan mengalir dari tempat yang tinggi menuju tempat yang rendah, sedangkan prinsip dari kerja pompa gravitasi ini bekerja terbalik dengan hukum potensial yang ada dan Untuk memindahkan suatu benda ke tempat yang lebih tinggi, diperlukan usaha yang besarnya sama dengan perubahan energi potensial benda tersebut,

    tetapi kita juga harus tetap mencoba proses kerja dari pompa gravitasi ini sendiri karena apabila berhasil ini juga menguntungkan dan dapat ,mengurangi penggunaan bahan bakar,

    Jadi tidak ada salahnya kita tetap mencoba

    BalasHapus
  4. Nama: Avit Vidya Ningsih
    Kelas : XI.IPA 2
    No.Induk : 5195

    Analisa pada artikel "Paijo". menurut saya memang pompa tersebut tidak akan bisa bekerja karena prinsipnya kerjanya terbalik dengan hukum potensial yang ada. Kesimpulannya adalah tidak akan bisa menggerakkan air tanpa supplay energi.
    "tapi tetap mencoba memang tidak ada salahnya daripada tidak sama sekali".

    Mari budayakan Pompa gravitasi Tanpa Listrik, Tanpa BBM. itu GOOD IDEA! Menurut saya jika budaya ini berhasil tentu manfaatnya bisa sangat menguntungkan, dan bisa menghemat pengeluaran rakyat miskin dan cara membuatnyapun tidak rumit pipa penyalurannya bisa diganti dengan bambu yang jelas lebih murah dari mesin pompa.

    *Salam Fisika ^-^

    BalasHapus
  5. Menurut saya pada Artikel "Paijo" benar bahwa pompa tersebut tidak akan bekerja jika prinsip yang digunakan salah. Karena diperlukan usaha dari luar sistem guna bekerjanya pompa tersebut (pada gambar).

    Tapi tidak ada salahnya untuk mencoba dan memperbaiki kekurangan-kekurangan yang ada sebelumnya. Jika memang pompa ini bisa digunakan nantinya maka keuntungannya akan sangat berguna untuk masyarakat kita saat ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Baca ini dulu!
      http://obortani.com/read/2009/03/27/hidram-pompa-air-tanpa-listrik-dan-bbm-corporate-social-responsibility-csr.html

      Hapus
  6. Nama: Abdul Rozak
    Kelas: XI.IPA 1
    NIS:5163

    Penemuan ini memang mengejutkan dan saya kira sendainya bisa dianalisis ulang dengan merujuk pada ilmu yang berkaitan dengan percobaan tersebut usaha ini kan sangat bermanfaat dalam penghematan tenaga energi bahan bakar.Dalam hal ini saya berpendapat bahwa percobaan ini memang berkaitan denagan fluida yang menurut saya ada dua kemungkinan konsep yaitu
    1.Hukum kapilaritas dengan beralasan adanya sumber mata air yang dapat memancar kepermuakan
    2.Hukum Bernouli yang konsepnya berkaitan dengan tegangan pada pesawat terbang.
    jadi kesimpulan saya kesalahan yang terjadi dalam penelitian tersebut adalah tentang tegangan yang tidak diperhitungkan secara matang.Allahu alam...

    BalasHapus
  7. Nama : ARI ANGGRAENI
    Kelas: XI.IA.2
    NO.INDUK:5189

    it's amazing...:)
    bagaimana mungkin air naik ke atas lalu turun lagi tanpa menggunakan pompa,sedangkan definisi pompa adalah suatu alat yang bisa memindahkan zat cair dari tempat yg rendah ke tempat yg tinggi atau sebaliknya dengan bertekanan.nah kalau sudah begitu apakah air bisa naik ke tempat yang lebih tinggi tanpa ada pompa yg menghisap? sedangkan sifat air selalu mencari tempat yg lebih rendah.. betul gak? kalo ini memang berhasil bukan hanya bermanfaat buat irigasi saja tetapi bisa juga diaplikasikan buat pendorong turbin plta, kalau dibuat super besar, jika dibandingkan dengan memakai tenaga fosil yang hampir habis, dan polusi yang sudah parah, juga sangat-sangat- mempengaruhi harga jual listrik..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Baca ini!
      http://obortani.com/read/2009/03/27/hidram-pompa-air-tanpa-listrik-dan-bbm-corporate-social-responsibility-csr.html

      Hapus
  8. NAMA: Aprilliza Wulandari
    KELAS: XI IPA2
    NO INDUK:5188

    saya sangat setuju dengan artikel di atas dikarenakan pompa air tenaga gravitasi memompa air dari sumur tidak menggunakan listrik tidak seperti pompa air pad aumumnya yang menggunakan listrik sehingga kita dapat menghemat listrik dan juga biaya pembuatan dan bahannya sangat terjangkau sehingga masyarakat menengah kebawah dapat dengan mudah membuatnya dan dapat menerima air bersih dengan mudah akan tetapi artikel "paijo" juga benar kalau eksperimen itu menggunakan hukum fluida mungkin akan bisa atau berhasil

    BalasHapus
  9. Nama : AZMI WILDA.T
    Kelas: XI-IA 2
    No.Induk: 5196
    Mari Budayakan Pompa Gravitasi, Tanpa Listrik Tanpa BBM
    hmmm... it's amazing. Pompa gravitasi kayak gini sangat penting dan menguntungkan, cara pembuatanya-pun tdk rumit pipa penyalurannya bisa diganti dengan bambuitu jelas lebih murah.Oleh sebab itu harganya yang murah dan menghemat listrik dan BBM serta hal itu dapat membantu menghemat biaya pengeluaran bagi masyarakat yang kurang mampu. Jadi saya sangat setuju adanya pompa gravitasi ini.
    Kalau Artikel"PAIJO" hmmm... gmn mau bekerja kalau prinsipnya tdk benar. Tapi yaa.. tetap semangat adja deh tidak ada salahnya mencoba.

    BalasHapus
  10. NAMA : Yenni Setyo N
    KELAS : XI IPA2
    NO.INDUK :5394
    Saya setuju dengan Artikel diatas karena artikel tersebut menjelaskan tentang cara memompa air dari bawah ke atas tanpa BBM maupun listrik, saya kira tinggal tenaga penggeraknya bisa diganti dengan tenaga turbin atau turbin angin maupun turbin air sungai. Pompa ini juga meringankan beban bagi masyarakat yang kurang mampu (pengganti BBM). Lebih baiknya kita bereksperimen agar bisa mengetahui yang sebenarnya. Atau bisa juga konsultasi ke guru pembimbing Fisika Terapan "Pak Thoyib" :)

    BalasHapus
  11. Nama : Lutfy Aryan T
    kelas : XI IPA 2
    No induk : 5288

    menurut saya sieh pompa air seperti di atas tak akan bekerja karena bertentangan dengan mekanika fluida.
    Sedangkan Blue Energy juga tak mungkin, karena bertentangan dengan hukum kekekalan energi dan hukum pertama termodinamika

    tapi kalo menurut saya rancangan yg lebih evisien dan lumayan mudah tu sperti yg d blog d bwah nie

    http://www.lintas.me/go/ardianto.blogsome.com/Sirkulator_Pompa_Air_Tenaga_Gravitasi/1/

    BalasHapus
  12. Nama: Miftaqul inayah
    No.absen: 25
    Kelas: XI IPA 1

    Menurut saya pompa air tenaga gravitasi yang bisa memompa air dari sumur tanpa memerlukan bahan bakar maupun listrik tentu menjadi impian semua orang. Bagaimana mungkin air dari sumur dapat naik ke permukaan tanah tanpa memerlukan bahan bakar maupun listrik. Tinggal putar keran, maka air akan naik dari sumur melalui pipa dan drum dan keluar dari keran menuju bak atau ember.
    Saya setuju pada artikel "paijo". Pompa tersebut tidak dapat bekerja. Energi potensial air yang ada di sumur lebih kecil daripada energi potensial di kran karena posisi sumur lebih rendah daripada posisi kran. Sehingga air tidak akan dapat mengalir sendiri dari sumur menuju kran tanpa masukan energi dari luar sistem. Jika benar pompa gravitasi dapat bekerja,maka barulah air akan dapat naik ke permukaan.

    BalasHapus
  13. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  14. NAMA : Nurul Azizah
    KELAS : XI IPA2
    NO.Induk :5322

    Menurut saya,adanya pompa gravitasi sangat bermanfaat bagi masyarakat yang sulit mendapatkan air bersih dan juga bermanfaat untuk menghemat listrik dan BBM. Sedangkan sebagian besar cara kerjanya tak berhasil dan tak mungkin, tapi kenapa pompa gravitasi itu berjalan lancar padahal saya nggak pernah mendengar dan melihat teori itu. Nggak ada yang membicarakan tentang bagaimana cara memulai pompa bekerja, jenis drum , tinggi drum. “Aneh tapi GOOD IDEA ...!! :) ”

    BalasHapus
  15. NAMA : DESY ANGGRAENI
    KELAS : XI IPA 1
    NO. INDUK : 5203
    Saya setuju dengan artikel “paijo” bahwa memang sangat sulit dipercaya, pompa air tenaga gravitasi yang bisa memompa air dari sumur tanpa memerlukan bahan bakar maupun listrik. Proses kerja pompa gravitasi tidak bisa terjadi karena air akan mengalir dari tempat yang tinggi menuju tempat yang rendah. Jika pompa air tenaga gravitasi yang bisa memompa air dari sumur tanpa memerlukan bahan bakar maupun listrik itu benar benar diterapkan dalam kehidupan kita, maka akan sangat menghemat energi karena tidak menggunakan energi listrik.

    BalasHapus
  16. NAMA : INA FERLITA
    KELAS : XI-IPA2
    NO.INDUK : 5267

    Menurut saya, adanya pompa gravitasi ini sangat bermanfaat bagi semua masyarakat. Meskipun bermanfaat bagi masyarakat, pompa gravitasi ini harganya sangat murah dan menghemat listrik dan BBM, bisa membantu penghematan biaya masyarakat. Meskipun percobaan ini belum terlaksana dan sebagian besar tidak terlaksana, karena posisi sumur lebih rendah dari pada posisi kran dan membuat air tidak dapat mengalir (cara kerjanya terbalik dengan hukum potensial). Tapi tidak salahnya kalau kita mencoba, saya berharap pemerintah mendengar usulan tersebut. Saya sangat setuju dengan adanya pompa gravitasi tersebut. Dan kita sebagai generasi bangsa Indonesia, marilah kita dukung percobaan tersebutt. Agar Indonesia tidak akan kekeringan lagi. Semoga berhasil...

    SEMANGAT......

    BalasHapus
  17. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  18. NAMA : YULI RAHMA HIDAYATI
    NO INDUK : 5402
    KELAS : XI IPA 2
    saya sangat setuju dengan artikel Paijo. karena memang sangat sulit untuk pemasangan Pompa Gravitasi yang prinsipnya berlawanan dengan hukum energi potensial. tapi seandainya experiment ini berhasil dicoba saya sangat setuju dengan adanya pompa ini karena sangat menguntungkan untuk warga yang bertempat tinggal didaerah pegunungan.disamping itu juga menghemat energi,dan bahan bakar. namun experiment ini belum berhasil dicoba. jadi kesimpulannya saya masih setuju dengan Artikel PAIJO.

    BalasHapus
  19. NAMA : JURIKE VICTORY C. A
    KELAS : XI-IPA2
    NO. INDUK : 5277

    Woooow,, bagus banget artikelnya.. Saya sebagai pecinta alam mendukung banget artikel diatas... soalnya kan digunung butuh banget air.. tapi saya masiih bingung sama cara kerjanya.
    Tapi mudah-mudahan percobaan ini bisa berhasil. Pemerintah boleh tau donk masalah ini,,,,
    GOOD IDEA,,,, 

    BalasHapus
  20. NAMA : ERLITA DWI KRISNA PUTRI
    NO INDUK : 5230
    KELAS : XI IPA 1

    Menurut saya Pompa Gravitasi memang sangat cocok diterapkan di daerah pegunungan atau dataran tinggi, namun masyarakat masih menyepelekan pompa tersebut. Mungkin karena minimnya Pengetahuan dari masyarakat itu sendiri, alangkah lebih baiknya pemerintah Membuka MATA dan segera menyempurnakan fungsi Pompa Gravitasi ini, selain menguntungkan rakyat biasa, Pemerintah juga diuntungkan dalam hal ini karena tidak akan berpusing-pusing memikirkan Krisis Energi Listrik & BBM serta mengurangi polusi yang di timbulkan jika memakai BBM.
    Ada satu hal yang bisa kita pelajari dari ALAM yaitu bagaimana pohon bisa memompa air dari dalam tanah ke pucuk untuk membawa makanan tanpa MESIN.

    Namun sayang riset teknologi yang selaras dengan ALAM sering disepelekan, seperti nasib Pompa Air Tenaga Gravitasi ini..
    Semoga Penemuan ini Berhasil.

    BalasHapus
  21. Nama : IIN SRI WAHYUNI
    kelas :XI IA 2
    NO INDUK : 5259

    Menurut saya pompa Grafitasi sangat tidak masuk akal karena Pompa Grafitasi tidak mungkin digunakan di daerah dataran rendah. Mungkin bisa digunakan di dataran tinggi pegunungan. Pompa tersebut mungkin bisa menggunakan bahan bakar atau listrik. Akibat dari pengetahuan masyarakat juga mengakibatkan gagalnya percobaan tersebut. Dan alangkah baiknya menggunakan tenaga matahari atau grafitasi. karena bisa menghemat bahan bakar minyak.
    Semoga berhasil dalam menyelesaikan Pompa Grafitasi.....

    BalasHapus
  22. Nama : Bima Raja M
    Kelas : XI IA 1
    NO induk : 5199


    menurut saya dua artikel itu sangat menarik dikarenakan tidak menggunakan bahan bakar dan bisa menghemat pengeluaran dari si pemakai....
    Semoga berhasil .....

    BalasHapus
  23. Nama : Anifah Kusawnti
    Kelas: XI.IPA 2
    No.Induk :5185

    Analisa pada artikel tersebut menurut saya memang benar, kita harus sedikit menengok kepada teknologi yang sederhana namun sangat menguntungkan bagi masyarakat terutama masyarakat kecil. Tapi sayangnya upaya tersebut masih belum bisa berhasil meskipun sudah dilakukan berbagai macam percobaan dan hasilnya pun ‘nihil’. Nah sebagai penerus bangsa yang baik, kita wajib belajar yang giat. Siapa tahu kita bias mewujudkan impian pompa gravitasi tersebut:)

    BalasHapus
  24. Nama:Dewi Kuraini
    Kelas: XI IPA 2
    No.Induk: 5205

    pada artikel "paijo" seharunya beliau tidak mudah putus asa jika eksperimennya gagal dan mencari solusi dari kegagalannya tersebut.dan bila eksperimen tersebut menggunakan hukum fluidan mungkin eksperimennya bisa berhasil.
    menurut saya pada artikel "Mari Budayakan Pompa Gravitasi, Tanpa Listrik Tanpa BBM" sangat menguntungkan bagi masyarakat umumnya, terutama masyarakat yang kurang mampu karena bahan untuk membuat pompa cukup sederhana dan mudah di dapatkan. selain itu dapat menghemat biaya yang dikeluarkan dan masyarakat mendapatkan banyak manfaat serta hemat bahan bakar...

    BalasHapus
  25. NAMA : TRI OKTAFIANI
    KELAS : XI IPA 2
    NO INDUK : 5373

    menurut saya sebenarnya tidak ada kata "TIDAK BERHASIL" buat paijo karena beliau berusaha keras untuk menemukan suatu hal yg bisa memudahkan dan menguntungkan semua orang apabila berhasil ,,,
    tapi kalau hanya menggunakan tenaga gravitasi tanpa ada supplay energi listrik maupun energi dari manusia menurut saya tidak mungkin , karena untuk membawa air ke atas itu adah beban yg sangat berat,.. seandainya memang ada pompa air dengan gaya grafitasi itu sangat menguntungkan sekali bagi semua orang,, ya mudah mudahan itu terjadi ,, karena bisa menghemat biaya, tenaga , BBM ,, dll,,

    BalasHapus
  26. NAMA : Wisnu Prasetyo B
    NO INDUK : 5392
    KELAS : XI IPA 1

    sebenarnya pompa tenaga gravitasi akan berhsil, jika sang eksperimenter itu tak kenal menyerah,...bahkan tomas juga menemukan bola lampi pijar tidak hanya sekali percobaan tapi beratus - ratus percobaan, yang harus diperhatikan oleh sang ekperimenter itu adalah harus memperhatikan mekanika fluidnya agar ekperimennya dapat berjalan
    mulus...

    jika eksperimen berhasil,..maka akan banyak keuntungan misalnya saja menghemat energi

    BalasHapus
  27. Nama: KIKI RIZKI UTAMI
    Kelas: XI IPA 2
    No induk: 5281
    Analisa pada artikel "Paijo" tersebut menurut saya pompa sangat sulit untuk bekerja karena prinsip kerjanya terbalik dengan hukum potensial yang ada,karena kita juga sudah mengetahui dari hukum potensial yaitu air akan mengalir dari tempat yang tinggi menuju tempat yang rendah
    apabila hal tersebut dianalisis ulang berdasarkan ilmu yang berkaitan dengan percobaan tersebut usaha ini kan sangat bermanfaat bagi masyarakat dan dapat menghemat bahan bakar. Kita sebagai generasi muda tak ada salahnya memperbaiki dan melengkapi kekurangan-kekurangan eksperimen tersebut sehingga dapat terwujud hasil yang di inginkan.. :)

    BalasHapus
  28. Nama : M Roisul Basyar
    No Induk : 5305
    Kelas : XI IPA 3

    Menanggapi artikel Tentang POMPA AIR TENAGA GRAVITASI menurut saya gambar sketsa tersebut memang sudah terlihat tidak mungkin bisa berhasil karena jika sketsa tersebut berhasil maka akan bertolak dengan hukum alam , jika pompa air tenaga gravitasi tersebut ingin diwujudkan maka terlebih dahulu harus memahami tentang prinsip mekanika fluida , karena orang kebanyakan hanya memperhatikan atau fokus dengan gaya atau tekanan yang bisa menarik air tersebut ke atas tanpa harus selalu mengandalkan pompa air yang bergantung pada listrik nah , sedikit menyinggung ke artikel yang berikutnya saya sangat setuju karena sebagai bangsa yang besar seharusnya di sertai dengan inovasi dari rakyatnya yang kreatif pula, lah namun dalam pelaksanaannya masih sangat kurang ,dalam arti kurang peminat karena masyarakat sekarang cenderung tidak memikirkan ke arah penghematan atau ke massa depan karena mereka cenderung menginginkan sesuatu yang sudah ada agar tidak di ubah ubah karena mereka tak ingin berkesinambungan dalam masalah masa depan atau penghematan karena yang mereka inginkan bagaimana bisa alat alat yng sudah ada agar mempermudah kinerja manusia dalam beraktivitas sehari-hari, maka dari berbagai artikel tersebut bgaima agar nantinya kita mampu menganalisis ataupun menciptakan inovasi tersebut agar mampu berguna bagi kehidupan manusia tanpa bergantung pada listrik ataupun BBM.
    sekian dari komentar saya,

    BalasHapus
  29. Nama : Angga Pradikta E P
    No Induk : 5184
    Kelas : XI IPA 3

    menurut saya kedua artikel tersebut merupakan sebuah inovasi yang telah lama di tinggalkan dan saatnya kita pergunakan kembali lagi inovasi tersebut dan di sosialisasikan kepada masyarakat daerah pegunungan bisa menggunakannya, sehingga dengan menggunakan POMP GRAVITASI tersebut kita telah menghemat listrik dan bahan bakar. dan di dunia ini apa yang tidak mungkin apabila kita gagal maka janganlah kita putus asa karena mungkin belum waktunya kita berhasil dan kita dapat belajar dari kegagalan tersebut...

    BalasHapus
  30. NAMA : Novia Suhartatik
    KELAS : XI IPA 2
    NO.INDUK : 5316
    Menurut saya dari artikel yang sudah saya baca mudah-mudahan cepat dirilis.. karena kan sudah dianjurkan untuk hemat listrik dan BBM. Pompa grafitasi ini walaupun masih rencana tetapi sudah dapat dikira nantinya menjadi sesuatu yang baru . untuk cara penggunaan pompa grafitasi didaerah pegunungan masih bingung saya....... yahh mudah-mudahan cepat dikerjakan percobaannya... lebih cepat lebih baik....
    Semangat.........!!!!

    BalasHapus
  31. NAMA :AKHMAD TAUFIK R
    KELAS :XI IPA 3
    NO INDUK :5178

    MENURUT SAYA POMPA AIR TANPA BBM SANGAT MEMBANTU ORANG KARENA BANYAK SUMUR SUMUR WARGA YANG KEKERINGAN SAAT MUSIM KEMARAU POMPA INI BEKERJA DENGAN 1 KLEP DENGAN MENARIK SALAH SATU UJUNGNYA MAKA AIR YANG ADA DI DALAM SUMUR BISA KELUAR BERDASARKAN HUKUM BERNOLI MAKA DAPAT DISIMPULAKAN KARENA ADANYA GAYA YANG DIHASILKAN MAKA AKAN TERJADI POMPA INI SANGAT BERGUNA
    TAPI DULUNYA SAYA MENGIRA HANYA SABAGAI KATROL AIR BISA UNTUK MENGAMBIL AIR DLM SUMUR

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Titik Berat Benda Homogen

Pembentukan bayangan pada cermin datar

Pembentukan bayangan oleh Lensa Cekung