Materi UAS

Artikel ini khusus untuk Siswa SMAN 1 Gondang Mojokerto tahun pelajaran 2011-2012 yang memprogram Fisika Terapan.
Pada hari Selasa tanggal 22 Nopember 2011, kita telah menguji hasil kerja semua kelompok dan behasil seratus persen dalam membuat switch multi user yang artinya switch dapat dimatikan (off) atau dihidupkan (on) dari beberapa tempat sesuai jumlah switch yang dirangkai dalam hal ini berjumlah 3 buah. Sebagai bahan UAS adalah merancang diagram rangkaian switch multi user dengan jumlah 5 buah. Oleh karena itu berdasarkan rangkaian yang terdiri dari 3 buah switch yang sudah anda buat dengan benar, maka pelajarilah cara kerja tiap switch tersebut. Perhatikan gambar berikut ini.

Keadan I kita anggap keadaan yang mana anda belum mengubah tuas/engkol switch. Pada keadaan ini maka pin a terhubung dengan pin b, sedang pin c tidak terhubung ke manapun atau NC (NC =  No Conection). Di bagian yang lain pada keadaan I ini, pin d juga sedang terhubung ke pin e, sedangkan pin f tidak terhubung ke manapun atau NC. Perlu anda ketahui bahwa konektor (digambar garis hitam tebal) selalu bergeser bersama-sama ketika tuas/engkol switch anda ubah posisinya.
Keadan II kita anggap sebagai keadaan yang mana anda telah mengubah tuas/engkol switch. Pada keadaan ini maka pin b terhubung dengan pin c, sedang pin a tidak terhubung ke manapun atau NC (NC =  No Conection). Di bagian yang lain pada keadaan II ini, pin e juga sedang terhubung ke pin f, sedangkan pin d tidak terhubung ke manapun atau NC. Perlu anda ingat bahwa konektor (digambar garis hitam tebal) selalu bergeser bersama-sama ketika tuas/engkol switch anda ubah posisinya.
Tantangan dalam UAS adalah merancang diagram rangkaian yang terdiri dari 5 buah switch, dengan dasar rangkaian seperti gambar di bawah ini.
Rancangan boleh dipersiapkan mulai saat ini, namun hasil kerja harus digambar dalam Lembar Jawaban saat UAS. Diagram rangkaian yang teridiri dari 3 buah switch boleh dicontoh dan dikembangkan. Selamat berjuang, semoga berhasil.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Titik Berat Benda Homogen

Pembentukan bayangan pada cermin datar

Pembentukan bayangan oleh Lensa Cekung