Materi Fisika Terapan hari Selasa tanggal 25 Oktober 2011

Artikel ini khusus untuk Siswa SMAN 1 Gondang Mojokerto tahun pelajaran 2011-2012 yang memprogram Fisika Terapan.
Setelah pada pertemuan sebelum ini kita menguji kecepatan kenaikan suhu untuk dua merek minyak goreng, maka untuk hari Selasa tanggal 25 Oktober 2011 tugas anda adalah memposting pada komentar artikel ini tentang faktor-faktor yang menjadi penyebab cepat atau lambatnya kenaikan suhu minyak goreng dengan merek A dan B yang sudah anda pilih dengan cara mencari referensi (browsing internet) atau membaca kandungan minyak goreng yang tertera pada kemasan atau brosur atau iklan dari merek minyak goreng tersebut.  Jawaban harus sudah diposting pada komentar artikel ini per siswa (individu) paling lambat hari Senin tanggal 31 Oktober 2011 pukul 10.00. Perlu diingat bahwa merek minyak goreng tidak boleh disebutkan secara jelas tetapi masih boleh disebut inisialnya (misalnya: BML, TPN)

Komentar

  1. faktor yang menyebabkan perbedaan kenaikan suhu pada minyak goreng yang kami pilih yaitu pada titik kejernihannya.(minyak goreng PTR)
    Apabila minyak goreng tersebut memiliki kandungan beta karoten yang banyak dan akn menghasilkan warna yang jernih sehingga itulah yang menyebabkan perbedaan kenaikan suhu pada minyak goreng.
    Nama : Kartika N.S/XI IA3

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  4. faktor yang menyebabkan perbedaan kenaikan suhu pada minyak goreng SNC dan HMT yaitu pada kandungan minyak goreng tersebut. dan kandungan dari minyak goreng tersebut antara lain kandungan air,kandungan asam lemak,kandungan gliserida,serta warna,kejernihan dan titik cair minyak juga sangat berpengaruh.
    selain itu faktor faktor lain yang mempengarui perubahan suhu pada minyak tersebut yaitu kalor,kalor jenis zat,massa,dan waktu.jadi jika kalor yang diberikan berbeda,maka kenaikan suhu juga akan berbeda.dan seterusnya...jika waktu pemanasan dan massanya berbeda..maka kenaikan suhunya akan berbeda pula...
    NAMA : FANY ROSITA DEWI
    KELAS : XI IPA 3

    BalasHapus
  5. menurut saya penyebabnya karena kedua minyak tersebut berasal dari bahan yang berbeda, minyak goreng biasa (minyak goreng kopra) berasal dari kelapa sawit yang kualitasnya lebih jelek dari pada bahan minyak goreng PTR....dan pada pemrosesan pembuatan minyak goring biasa melalui tahap pemanasan, sehingga banyak mengandung bahan kimia... jadi, minyak goreng biasa lebih cepat panas....


    NAMA :WIDYA ROHMANIKA
    KELAS: XI IPA3

    BalasHapus
  6. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  7. faktor yang menyebabkan perbedaan kecepatan kenaikan suhu pada minyak goreng yang kami pilih yaitu pada titik kejernihan (minyak goreng biasa tanpa merk)karena kandungan beta karoten dalam minyak goreng tersebut dapat menjadikan minyak goreng itu jernih sehingga minyak goreng biasa lebih cepat naik suhunya.
    Nama ;Rika Kortania M/XI IA3

    BalasHapus
  8. Beberapa faktor yang mempengaruhi cepat atau lambatnya kenaikan suhu pada minyak goreng yaitu :
    1. Titik kejernihan minyak
    2. Tinggi atau rendahnya kualitas kelapa sawit yang digunakan untuk membuat minyak goreng tersebut
    3. Kental atau tidaknya minyak goreng tersebut
    4. Banyak atau tidaknya kandungan Lemak seperti Lemak Jenuh atau lemak yang lainnya
    5. Alami atau tidaknya warna minyak yang berarti asli atau tidaknya beta karoten dalam minyak tersebut

    Dari kedua minyak goreng BML dan Minyak goreng cap APL minyak BML lebih cepat panas karena kualitas kelapa sawitnya lebih baik, kemudian lemak totalnya lebih sedikit yaitu 24%. kemudian minyak BML lebih kental dari minyak cap APL. walau warnanya hampir sama, minyak BML lebih cepat panas mungkin karena zat yang terkandung lebih alami dari minyak cap APL

    Nama : Muhammad Naafi'
    Kelas : XI IA 1
    No. Induk : 5302

    BalasHapus
  9. Faktor penyebab mendidihnya minyak goreng, yaitu lemak yang dikandung, murni atau tidaknya kelapa sawit, kandungan beta karoten, dan banyak atau tidaknya kandungan bahan kimia di minyak goreng itu, dari penelitian yang kami lakukan antara minyak goreng MRYT dan tidak bermerek, lebih cepat mendidih minyak goreng yang tidak bermerek.
    karena kandungan bahan kimianya lebih sedikit dibanding minyak goreng MRYT

    Nama : Tri Swasono Himawan
    Kelas : XI - IPA - 2
    No. Induk : 5374

    BalasHapus
  10. Menurut saya, faktor yang mempengaruhi perbedaan kenaikan suhu antara minyak SNC dan HMRT salah satunya adalah titik kejernihan minyak. Apabila minyak semakin jernih maka akan lebih cepat panas, begitu juga sebaliknya. Dan faktor-faktor lainnya adalah lamanya pemanasan dan massa zat. menunjukkan bahwa semakin lama air dipanaskan, suhu air akan semakin tinggi. Semakin besar massa air, semakin lama waktu yang diperlukan untuk mencapai suhu tersebut. Jadi besarnya kalor yang diberikan juga dipengaruhi oleh massa zat.
    Nama: safitri eka maulani
    Kelas: XI-IPA 3

    BalasHapus
  11. Menurut pendapat saya faktor-faktor yang menyebabkan perbedaan suhu antara minya goreng SNC dan HMT adalah :
    1. Tingkat kejernian dari masing-masing minyak.
    2. Kualitas kelapa sawit.
    3. Kandungan bahan kimia dan lemak yang terdapat pada masing-masing minyak goreng.
    4. Tingkat kekentalan pada setiap minyak goreng.
    5. Asli atau tidaknya beta karoten dalam minyak goreng tersebut.
    6. Proses filtrasi kelapa sawit (Berapa kali minyak tersebut di saring).

    Nama : Wahyu Nur Hidayatulloh
    Kelas : XI IA 3

    BalasHapus
  12. Menurut saya, Faktor yang menyebabkan perbedaan kenaikan suhu pada minyak goreng MRKYT dan minyak goreng tanpa Merk yaitu kejernihan minyak, kualitas, dan kandungan bahan kimia dalam minyak tersebut. Selain itu, Kalor jenis minyak/massanya, semakin besar kalor jenis minyak/massanya, maka makin lama pemanasannya (Q=mcDt).

    Nama : Yenni Setyo N
    Kelas : XI IA2
    No.Induk : 5394

    BalasHapus
  13. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  14. menurut saya faktor yang membuat minyak goreng suhu atau waktu mendidihnya tidak sama adalah :
    tingkat kejernihan minyak goreng, bahan-bahan kimia yang dicampur dalam minyak goreng, proses filtrasi , dan kelapa sawit yang digunakan.

    FIKRIA NORMA H.
    XI IA 1
    15 (5244)

    BalasHapus
  15. dari uji coba yang di praktekkan. dapat di lihat faktor yang mempengaruhi perbedaan dari kedua minyak tersewbut adalah :
    1. kejernihan minyak
    2. Tinggi atau rendahnya kualitas kelapa sawit yang digunakan untuk membuat minyak goreng tersebut
    3. Kental tidaknya minyak goreng tersebut
    4. Banyak tidaknya kandungan Lemak seperti Lemak Jenuh atau lemak yang lainnya
    5. Alami atau tidaknya warna minyak yang berarti asli atau tidaknya beta karoten dalam minyak tersebut
    6. zat zat yang terkandung
    7. filtrasi

    kesimpulan:
    meskipun warna dari minyak goreng APL dan minyak gorerng RB hampir sama.. namun minyak APL lebih cepat memanas dan warnanya berubah menjadi jernih.. sedangkan minyak goreng RB sangat lama memanasnya dan warnanya berubah menjadi keruh.
    dapat di liat bahwa minyak APL kualitasnya lebih baik dri pada minyak RB.

    nama : RATNA YULIA DAMAYANTI
    kelas : XI IPA1
    no. induk : 5334

    BalasHapus
  16. Menurut saya, faktor yang menyebabkan perbedaan kenaikan suhu antara minyak merek MRYT dengan minyak tanpa merek adalah dari kandungannya seperti kandungan pewarna dan bahan kimia, minyak goreng tanpa merek lebih cepat panas karena kandungan bahan-bahan kimianya lebih sedikit. Selain itu proses pembuatan minyak juga mempengaruhi misalnya proses penyaringan dan proses pemanasan, minyak goreng tanpa merek lebih cepat panas karena tidak mengalami proses lama. Kedua faktor tersebut mempengaruhi koefisien konveksi antara minyak merek MRYT dan minyak tanpa merek, sehingga koefisien konveksi kedua minyak tersebut berbeda.

    Nama: Dyah Ajeng F.P
    Kelas: XI IA-2
    No.Induk: 5220

    BalasHapus
  17. menurut saya, yang mempengaruhi cepat lambatnya kenaikan suhu pada minyak goreng yaiut:
    1. tingkat kejernihan minyak goreng.
    2. kadar asam lemak bebas dalam minyak goreng.
    3. kualitas kelapa sawit yang digunakan.
    4. jumlah kandungan lemak yang terdapat dalam minyak goreng.
    5. kental atau tidaknya minyak goreng.
    6. proses filtrasi pada minyak goreng.


    oleh :
    nama : Alvi Laili Uzlifah
    kelas: XI_IPA 1
    no. induk : 5180

    BalasHapus
  18. Menurut saya faktor penyebabnya karena kedua minyak tersebut berasal dari membuatan yang berbeda. Minyak goreng PTR berasal dari kelapa biasa yang kualitasnya rendah / biasa, bila dibandingkan dengan minyak FTN yang lebih berkualitas tinggi dan dijaga tingkat kejernihannya. Minyak FTN lebih jernih dari pada minyak PTR, endapannya / kekentalannya lebih sedikit sehingga suhu kecepatan panas lebih cepat minyak yang lebih jernih.
    Selain itu FTN saat pemanasan derajat oksidasi ditandai dengan penyerapan oksigen jadi semakin oksidasi berjalan dengan cepat.

    Nama: Dyan afrilia
    kelas: XI.IPA.1
    No.induk: 5221

    BalasHapus
  19. faktor yang mempengaruhi perbedaan kenaikan suhu antara minyak SNC dan HMRT salah satunya adalah titik kejernihan minyak. Apabila minyak semakin jernih maka akan lebih cepat panas, begitu juga sebaliknya.karena kandungan beta karoten dalam minyak goreng tersebut dapat menjadikan minyak goreng itu jernih sehingga minyak goreng biasa lebih cepat naik suhunya.selain itu faktor faktor lain yang mempengarui perubahan suhu pada minyak tersebut yaitu kalor,kalor jenis zat,massa,dan waktu.

    NAMA :Ni'matus zahroh
    KELAS:XI-IPA3

    BalasHapus
  20. faktor yang mempengaruhi kenaikan suhu minyak MRYT dan tanpa merek adalah :
    - kandungan lemak
    - tingkat kejernihan
    - kandungan omega 6 dan 9
    pada minyak tanpa merek lebih cepat mendidih karena tidak mengandung omega 6 dan 9, serta tingkat kejernihan sangat rendah. sehingga lebih cepat mendidih dibandingkan minyak MRYT yang tingkat kejernihan sangat tinggi dan mengandung omega 6 dan 9.

    Nama : Rizka Dwi Ardhiyanti
    Kelas : XI IA2
    No Induk : 535O

    BalasHapus
  21. menurut saya faktor yang mempengaruhi kenaikan suhu kedua minyak adalah kandungan lemak pada minyak MRYT dan minyak tanpa merek. dan tingkat kejernijan kedua minyak tersebut. selain itu kandungan bahan kimia pada minyak tidak bermerek lebih sedikit sehingga minyak lebih cepat panas.

    Nama : Riris O.H
    kelas: XI IA2
    NoInduk : 5346

    BalasHapus
  22. menurut saya faktor yang mempengaruhi cepat atau lambatnya kenaikan suhu minyak goreng adalah
    1.tingkat kejernihan minyak goreng
    2.kandungan lemak yang terdapat dari minyak goreng
    3.kualitas kelapa sawit yang di gunakan
    4.kental tidaknya minyak goreng tsb.

    Wiwik.R
    XI IA 1
    5393

    BalasHapus
  23. Menurut saya ..
    faktor yang mempengaruhi perbedaan kenaikan suhu adalah dari tingkat kejernihan minyak .kualitas dari minyak tersebut . kental atau tidaknya minyak dan kandungan dalam minyak .


    :: Try Ananda F
    :: XI IA 2
    :: 5376

    BalasHapus
  24. menurut saya faktor penyebab perbedaan kenaikan suhu pada minyak goreng saya bawa adalah tingkat kekentalan, tingkat kejernihan, tingkat kandungan lemak yang ada di dalamnya, dan kualitas dari kelapa sawit yang di gunakan. ini terbukti pada minyak goreng FRTN yang kenaikan suhunya lebih cepat di banding minyak goreng PTR, sebab minyak goreng FRTN lebih jernih dan kekentalannya lebih rendah di banding minyak goreng PTR.



    NAMA : NURUS SA`DIYAH
    KELAS : XI IA 1
    NO INDUK : 5323

    BalasHapus
  25. Menurut saya, yang mempengaruhi cepat lambatnya kenaikan suhu pada minyak goreng PTR dan minyak goreng FRTN yaitu pada kandungan lemaknya. Tingkat kejernihan dari kedua minyak tersebut, selain itu minyak FRTN lebih berkualitas bahannya daripada minyak PTR sehinggan lebih cepat panas.

    Nama : Rizki Novita S.
    Kelas : XI.IA 2
    No. Induk : 5351

    BalasHapus
  26. menurut saya kenaikan suhu disebabkan oleh=
    1. merk minyak
    karena antara minyak satu dengan yang lain berbeda.
    2. kandungan minyak
    karena setiap minyak mempunyai kandungan minyak yang berbeda, ada yang kandungan minyaknya baik dan ada yang buruk, itu juga yang menyebabakan minyak mendidih lebih cepat atau lebih lambat lebih hemat atau lebih boros.
    3. suhu awal
    karena saat kita melakukan percobaan 2 minyak yang berbeda dan ditentukan kenaikan suhunya yang suhu awalnya sudah berbeda, maka suhu akhirnya berbeda.
    kesimpulan :
    minyak yang bermerk tidak selalu lebih cepat mendidih dan lebih hemat

    nama : ria m
    kelas : XI-IPA 3

    BalasHapus
  27. Menurut saya, faktor yang mempengaruhi kedidihan minyak antara lain :
    1. Kualitas minyak yang berbeda
    2. Kandungan minyak yang beragam
    3. Tingkat kejernihan minyak
    4. Kualitas bahan dasar pembuat minyak, seperti kelapa sawit
    Dari faktor – faktor diatas dapat mempengaruhi tingkat kedidihan minyak yang mampu mempercepat ataupun memperlambat proses kedidihan pada minyak

    ZUNITA NUR HALINAH (42)
    Kelas : XI. IPA1

    BalasHapus
  28. Menurut saya, yang mempengaruhi kenaikan suhu minyak goreng pada percobaan kemarin adalah :
    Banyaknya kalor yang terkandung di dalam minyak goreng,kalor ini diperlukan untuk menaikkan suhu suatu benda(minyak goreng) tetapi tergantung pada lamanya pemanasan dan massa zat dari minyak goreng.Dan yang dapat mempengaruhi lagi adalah tingkat kejernihan minyak goreng ,semakin jernih minyak goreng semakin cepat juga suhunya akan naik apabila di beri kalor. Dan percobaan kemarin membuktikan bahwa minyak goreng biasa lebih cepat naik suhunya dibandingkan minyak goreng merk PTR.

    Nama : dwi fatma sari
    Kelas : XI-IPA3

    BalasHapus
  29. Menurut saya, yang mempengaruhi perbedaan kenaikan temperatur antara minyak merek yang satu dengan yang lain adalah tingkat ketidakjenuhan sudatu minyak yang biasanya dinyatakan dengan nilai IV. Sehingga suatu jenis minyak yang memiliki nilai IV yang tinggi, kenaikan temperaturnya akan lebih lama bila dibandingkan dengan jenis munyak dengan IV lebih rendah. Hal ini disebabkan, panas yang diberikan pada minyak berusaha untuk memutuskan ikatan rangkap terlebih dahalu sehingga tingkat ketidakjenuhannya lebih rendah yang mengakibatkan kenaikan temperatur lebih kecil bila dibandingkan dengan jenis minyak dengan IV rendah.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Titik Berat Benda Homogen

Pembentukan bayangan pada cermin datar

Pembentukan bayangan oleh Lensa Cekung