Fisika Terapan

Postingan ini khusus untuk siswa SMAN 1 Gondang Mojokerto yang memprogram Fisika Terapan pada semester ganjil tahun pelajaran 2011-2012. Berilah jawaban atau komentar terhadap pernyataan/pertanyaan/kasus berikut ini dengan cara mmemberi komentar di bagian bawah postingan ini. Perhatikan hal berikut ini: Bila pada suatu saat nanti energi listrik yang sekarang anda pakai tidak tersedia lagi walau anda memiliki dana untuk beli ke Perusahaan Listrik Negara, maka Energi Alternatif apa yang akan anda jadikan pilihan pertama? Jelaskan alasan atas pendapatmu!

Komentar

  1. biogas, karena energi ini mudah di dapat dan harganya juga relatif murah selain itu energi ini juga tidak berakibat buruk bagi alam.
    nama:vidya imanuari
    no:38
    kelas;XI IA4

    BalasHapus
  2. Pembangkit listrik tenaga angin,karena angin merupakan sumber energi yang tak ada habisnya sehingga pemanfaatan sistem konversi energi angin akan berdampak positif terhadap lingkungan.
    (Fany R D_XI IA 3)

    BalasHapus
  3. saya akan mengajak semua orang, baik teman, sahabta atau sodara saya agar menerapkan energi listrik tenaga betanol (biji jarak, atau lainnya, atau air..... dan menggalakkan budaya hemat lisrtik.
    FIKRIA X1-IA-1

    BalasHapus
  4. jika memang sudah tidak ada listrik,, terpaksa sepertinya saya akan kembali ke zaman dahulu kala.. menjalani keseharian tanpa listrik.. yakni dengan alat sederhana..
    atau dengan melakukan tindakan lain seperti sosialisasi dengan masyarakat untuk bermusyawarah mendirikan listrik sendiri..


    Nama: Ratna Yulia Damayanti
    kelas : XI IPA 1
    No. induk : 5334

    BalasHapus
  5. energi yang saya gunakan pertama kali adalah api. Misalnya pada saat malam hari ditempat kita tidak ada energi listrik untuk menghidupkan lampu atau sejenisnya, kita memakai lilin atau membakar sesuatu untuk penerangan pengelihatan kita, dan contoh lagi pada saat kita memasak nasi, kan pada umumnya orang elit/kaya memasak nasi memakai magic com, alat itu juga menggunakan energi listrik, pada saat energi listrik kita habis atau telah tiada, kita menggunakan energi api untuk memasak nasi. sekian pendapat saya.

    Nama : Tri Swasono Himawan
    Kelas : XI-IPA-2
    No Induk : 5374

    BalasHapus
  6. PUTRI DEWIGA.A.A
    XI.IA.4
    25
    energi yang saya gunakan adalah energi pasang surut, mengingat negara kita adalah negara kepulauan yang kaya akan laut.
    Pasang dan surut air laut seperti sudah kita pelajari di jaman SD dulu adalah akibat dari adanya gravitasi bulan yang menarik air di lautan dunia. Pada sisi yang dekat dengan matahari, air akan membentuk tonjolan akibat gaya tersebut. karena rotasi bumi pada porosnya setiap hari, tonjolan itu akan “melintasi” lautan mengitari bola dunia.
    Berdasarkan perkiraan, kapasitas energi dari pasang surut ini mencapai 1000 GW.

    BalasHapus
  7. menurut saya, energi alternatif paling cocok adalah dari sari belimbing wuluh. karena belimbing wuluh banyak sekali ditemukan di kehidupan kita. selain itu belimbing wuluh juga jarang dimanfaatkan, sehingga kita bisa mengubah sari belimbing wuluh menjadi listrik. Belimbing wuluh bisa menjadi energi listrik karena kadar keasamannya yang tinggi.

    nama : alvi laili uzlifah
    kelas : XI IPA 1
    no. induk : 5180

    BalasHapus
  8. bisa dengan menggunakan deasel. alat ini dapat digunakan untuk memancarkan cahaya / lampu / listrik yang lain. alat ini mudah digunakan. dan juga bisa menggunakan energi matahari.



    nama : dyan afrilia
    kelas : XI.ipa.1
    no.induk : 5221

    BalasHapus
  9. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  10. TRIYANA IRMAYANTI
    XI.IA.4
    37
    Saya tertarik dengan energi sampah , mengingat daerah kita minim sumber daya energi, jadi harus bisa memanfaatkan energi alternatif. Saya lebih tertarik lagi ketika sampah bisa diubah menjadi energi, mengingat gaya hidup di daerah ini memaksakan tumpukan sampah ada dimana2

    BalasHapus
  11. Salah satu alternatif pengganti tersebut adalah energi bio diesel dimana bahan baku utamanya adalah minyak mentah kelapa sawit atau yang lebih dikenal dengan nama Crude Palm Oil (CPO). Bio diesel ini merupakan energi alternatif yang ramah lingkungan, selain itu sumber energinya dapat terus dikembangkan

    Nama: diah purnamasari
    kelas : XI IA 1
    no. induk : 5211

    BalasHapus
  12. Menurut saya Energi alternatif yang Cocok adalah energi Solar sel.... yaitu suatu energi yang menggunakan radiasi matahari diubah menjadi suatu energi listrik.... dengan Suatu panel surya kita bisa mengkonvertnya.... dengan itu energi listrik bisa di perbaharui karena matahari tidak akan pernah redup sebelum hancurnya dunia.... sistem energi sel surya energi ini sudah mulai di gunakan di beberapa negara seperti jepang dan amerika mereka memasang.... panel surya ini pada rumah ataupun motor mereka.... ^_^....


    Nama : Adji Khurniawan
    Kelas : XI IPA 3

    BalasHapus
  13. Tiara Niken
    XI I.A 4
    No absnt:36
    energi yang saya gunakan adalah energi energi fosil ini adalah menjadi penyebab perubahan iklim dan pemanasan global. Gas rumah kaca seperti karbon dioksida dari hasil pembakaran bahan bakar fosil, dilepaskan ke atmosfir. Keberadaannya akan menghalangi panas yang akan meninggalkan bumi sehingga akan meningkatkan temperature bumi. Perubahan iklim yang terjadi disebabkan oleh gas rumah kaca seperti disebutkan diatas juga methane (CH4) dan nitrous oksida (N2O). Pada pembakaran biomassa sebenarnya menghasilkan CO2 tetapi karbon dioksida yang di hasilkan akan distabilisasi dengan penyerapan kembali oleh tumbuhan, sehingga tidak ada penimbuan karbon dioksida dalam atmosfer dan keberadaannya terus seimbang.

    BalasHapus
  14. kita dapat menggunaka energi panas bumi, karena energi panas bumi dapat menghasilkan sekitar 10 Giga Watt dan Energi panas bumi cukup ekonomis dan ramah lingkungan, jika kita gunakan dengan tata aturan yang ada energi panas bumi bisa digunakan selama mungkin...

    Nama : Wahyu Nur H
    Kelas : XI IA 3
    No.Induk :5387

    BalasHapus
  15. 1. memakai bahan bakar biogas, yang terbuat dari kotoran hewan ataupun manusia yang digunakan sebagai bahan bakar kendaraan dan menghasilkan energi listrik dalm kegiatan sehari-hari.
    2. menggunakan bahan bakar fosil yaitu bahan bakar minyak, dan gas.
    3. kayu juga dapat digunakn sebagai penerangan.

    NAMA: WIDYA ROHMANIKA
    KELAS: X1 IPA 3

    BalasHapus
  16. Jika sekarang masih ada listrik, gunakanlah dengan sebaik-baiknya. dan jika tidak ada listrik, kita bisa menggunakan biogas.

    BalasHapus
  17. Menurut saya, energy yang paling cocok digunkan sebagai energi alternative listrik adalah berasal dari energy matahari. karena energy matahari setiap hari selalu ada dalam kehidupan kita sehari-hari. Maka dari itu, kita bisa manfaatkan energy matahari untuk dijadikan sebagai energy listrik alternative.

    nama: wiwik rosidah
    kelas : XI IPA 1
    no. induk : 5393

    BalasHapus
  18. menurut saya...energi alternatif yang akan saya gunakan apabila tidak ada listrik adalah matahari karena matahari adalah energi yang dapat di ubah menjadi listrik yang tidak akan habis jika tidak kiamat...

    nama:dhony dwi pranata
    no:09
    no induk:5210

    BalasHapus
  19. Jika sudah tidak ada listrik lagi saya akan menggunakan energi matahari, karena kita ketahui matahari adalah energi yang tidak ada habisnya sepanjang masa. selain itu energi matahari tidak akan merugikan alam, dan tidak membutuhkan banyak usaha untuk mencari energi ini.

    Nama : Muhammad Naafi'
    kelas : XI IA1
    No. induk : 5302

    BalasHapus
  20. energi yang akan saya gunakan adalah energi yang bahannya mudah untuk didapatkan miisalnya biogas,kan berasal dari kotoran hewan atau manusia,selain itu kita bisa menggunakan pembangkit listrik tenaga angin.
    Kita juga bisa memakai minyak jelantah yang digunakan untuk bahan bakar mesin diesel,dan hal ini bisa digunakan untuk energi alternatif untuk listrik.
    (Kartika Nurvita S./XI-IA3)

    BalasHapus
  21. Menurut saya energy alternative pengganti listrik adalah tenaga gas, yaitu gas alam, karena pembangkit listrik gas alam hanya mengeluarkan setengah emisi CO2, serta emisi partikulat, SO2 dan racun lain, serta energy pembangkit listrik ini ramah lingkungan akan tetapi kita harus mengeluarkan biaya yang tidak sedikit
    Zunita Nur Halinah (XI.IPA1)

    BalasHapus
  22. menurut saya dengan menggunakan cara sederhana yaitu TURBIN ANGIN / kincir angin yang digunakan untuk membangkitkan tenaga listrik. alasan saya menggunakan ini karena dapat menghemat uang dengan memanfaatkan angin menjadi energi putar pada kincir lau putaran kincir di gunakan untuk memutar generator yang akhirnya menghasilkan listrik.
    nama : rizka dwi a

    BalasHapus
  23. saya akan memilih untuk membuat energy alternative yang bisa di dapat dari bahan alami, seperti belimbing wuluh, ubi. Ataupun sambiloto. Karena berdasarkn sebuah penemuan, belimbing wuluh bisa menghasilkan energy listrik yang cukup membantu dalam hal listrik. Yaitu bisa menghidupkan lampu dalam waktu 1 bulan tanpa di matikan, dan juga untuk membuat energy ini tidak membutuhkan bahan yang sangat sulid di cari. Hanya dengan gelas tanah, lempengan tembaga, dan kabel, tentunya dalah belimbing wuluh sebagai bahan utama, jadi tudak perlu bersusah payah untuk mendapatkan bahannya, jadi saya akan memilih untuk membuat energy alternative dari bahan yang bisa didapt dengan mudah, bahan yang tersedia di sekitar kita. Dan tidak hanya belimbing wuluh saja, karena ubi juga bisa di manfaadkan sebagai energy alternative.

    nama : nurus sa'diyah
    kelas : XI IPA 1
    no. induk : 5323

    BalasHapus
  24. saya menggunakan energi kincir angin. alasan saya menggunakan energi ini karena disamping pembuatannya yang tidak terlalu sulit juga dapat memanfaatkan angin sebagai alat utamanya. dan juga tidak perlu merogoh uang yang bisa menguras kantong kita karena bahannya tidak terlalu mahal.

    nama : Riris O.H
    kelas: XI IA 2

    BalasHapus
  25. jika listrik mati pasti semua orang akan merasa takut karna kegelapan. menurut saya kita biza menggunakan kincir air sebagai pengganti PLN karna tidak memerlukan media yang ribet dan biaya ya nya sangat murah.

    BalasHapus
  26. menurut saya lebih baik menggunakan tenaga surya dari sinar matahari ,karena tidak memerlukan biaya dan sangat hemat dan yang lebih menguntungkan ramah lingkungan.
    nama : dwi fatma _XI ipa 3

    BalasHapus
  27. 1. menurut saya energi alternatif yang digunakan adalah PLTA (pembangkit Listrik Tenaga Air)Sistem tenaga air mengubah energi dari air yang mengalir menjadi energi mekanik dan kemudian biasanya menjadi energi listrik.Air mengalir melalui kanal (penstock) melewati kincir air atau turbin dimana air akan menabrak sudu-sudu yang menyebabkan kincir air ataupun turbin berputar. Ketika digunakan untuk membangkitkan energi listrik, perputaran turbin menyebabkan perputaran poros pada generator. Energi yang dibangkitkan dapat digunakan secara langsung, disimpan dalam baterai ataupun digunakan untuk memperbaiki kualitas listrik pada jaringan.

    nama : safitri eka maulani
    kelas : XI IPA 3
    NIS :5356

    BalasHapus
  28. 1. memakai bahan bakar biogas, yang terbuat dari kotoran hewan ataupun manusia yang digunakan sebagai bahan bakar dan menghasilkan energi listrik dalm kegiatan sehari-hari.
    2. menggunakan bahan bakar minyak, dan gas.
    3. kayu juga dapat digunakn sebagai penerangan.

    ni'matus zahroh_XI-IA3

    BalasHapus
  29. Nama : Rika kortania .M
    Kelas : XI IA 3
    Jawab : pembangkit listrik Tenaga sampah alasannya , pengolahan sampah ini memiliki dampak positif terhadap lingkungan dimana dapat mengurangi jumlah sampah terutama di kota-kota besar

    BalasHapus
  30. mesin diesel, karena mesin diesel merupakan salah satu energi alternatif pengganti listrik yang mudah didapat. yang mana bahan bakarnya adalah bensin.

    NAMA : VINA HARI D.W
    KELAS : XI IPA 1
    NO. INDUK : 5382

    BalasHapus
  31. Jika tidak ada listrik dari PLN, pilihan alternatif pertama saya adalah menggunakan genset (generator set) atau biasa disebut mesin diesel yang bahan bakarnya menggunakan bensin. Karena genset, alat dan bahan bakarnya mudah didapat, sebagai pilihan alternatif pertama jika tidak ada listrik dari PLN.
    NAMA : FAIQOTUL HIMMAH
    KELAS : XI IPA 1
    NO. INDUK : 5236

    BalasHapus
  32. Nama : Variant Setya G
    Kelas : XI IA 1
    Jawab : Menggunakan pembangkit listrik Tenaga Air. Alasannya , Menurut mentri umum, investasi untuk tenaga listrik dengan menggunakan bendungan besar cukup mahal, namun dari sisi operasi lebih ramah lingkungan dan mempunyai banyak manfaat lain. Karena selain digunakan untuk Irigasi, juga digunakan
    sebagai pembangkit tenaga listrik, Pengandalian banjir, dan Sumber air baku

    BalasHapus
  33. 1. PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA ANGIN
    Sebuah pembangkit listrik tenaga angin dapat dibuat dengan menggabungkan beberapa turbin angin sehingga menghasilkan listrik ke unit penyalur listrik. Listrik dialirkan melalui kabel transmisi dan didistribusikan ke rumah-rumah, kantor, sekolah, dan sebagainya.
    Turbin angin dapat memiliki tiga buah bilah turbin. Jenis lain yang umum adalah jenis turbin dua bilah.
    Jadi, bagaimana turbin angin menghasilkan listrik? Turbin angin bekerja sebagai kebalikan dari kipas angin. Bukannya menggunakan listrik untuk membuat angin, seperti pada kipas angin, turbin angin menggunakan angin untuk membuat listrik.
    Angin akan memutar sudut turbin, kemudian memutar sebuah poros yang dihubungkan dengan generator, lalu menghasilkan listrik. Turbin untuk pemakaian umum berukuran 50-750 kilowatt. Sebuah turbin kecil, kapasitas 50 kilowatt, digunakan untuk perumahan, piringan parabola, atau pemompaan air.
    2. PEMBANGKIT LISTRIK DARI ENERGI PANAS BUMI
    Energi panas bumi adalah energi yang diekstraksi dari panas yang tersimpan di dalam bumi. Energi panas bumi ini berasal dari aktivitas tektonik di dalam bumi yang terjadi sejak planet ini diciptakan. Panas ini juga berasal dari panas matahari yang diserap oleh permukaan bumi. Energi ini telah dipergunakan untuk memanaskan (ruangan ketika musim dingin atau air) sejak peradaban Romawi, namun sekarang lebih populer untuk menghasilkan energi listrik. Sekitar 10 Giga Watt pembangkit listrik tenaga panas bumi telah dipasang di seluruh dunia pada tahun 2007, dan menyumbang sekitar 0.3% total energi listrik dunia.
    Energi panas bumi cukup ekonomis dan ramah lingkungan, namun terbatas hanya pada dekat area perbatasan lapisan tektonik.

    3. PEMBANGKIT LISTRIK KiteGen
    Teknologi yang kemudian dikenal sebagai KiteGen ini mirip dengan turbin angin. Hanya saja, sebagai pengganti baling-baling, mereka mengganti turbin angin dengan menggunakan layangan.

    Dengan menggunakan layang-layang, berarti posisinya bisa lebih jauh tinggi dibandingkan dengan turbin angin. Jadi ketika diletakkan jauh lebih tinggi, maka layang-layang tersebut akan menghasilkan energi jauh lebih besar. Makin tinggi posisi layang-layang, makin besar pula energi listrik yang dihasilkan.

    Layang-layang ini memang bukan seperti layang-layang biasa, karena ukurannya bisa mencapai 140 m2 dan dapat mencapai ketinggian sekitar 792 meter dari permukaan tanah. Tali yang digunakan juga bukan tali biasa, tetapi tali yang otomatis bisa memutar generator di bawah pada saat layangan tersebut sedang berada di atas.

    Putaran tali diperkirakan bisa menghasilkan daya sekitar 40 KiloWatt. KiteGen diharapkan bisa diujicoba pada tahun 2011, dan diperkirakan dapat menghasilkan daya listrik hingga 3 MegaWatt, yang cukup untuk memberikan kebutuhan listrik bagi 9.000 rumah penduduk.
    NAMA : FANY ROSITA DEWI
    NIS :5239

    BalasHapus
  34. jika listrik mati pasti semua orang akan merasa takut karna kegelapan. menurut saya kita biza menggunakan kincir air sebagai pengganti PLN karna tidak memerlukan media yang ribet dan biaya ya nya sangat murah.

    nama:ria.m
    kelas: XI IPA3
    no induk: 5337

    BalasHapus
  35. menurut saya,energi alternatif yang bisa digunakan ialah kincir angin karena pemanfaatan nya sngat mudah, disamping itu tidak memerlukan peralatan yang ribet, selain murah kita tidak perlu lagi ketakutan akan lampu mati dsb..

    nama :bhias sunu c
    kelas :XI IPA4
    no.induk:5198

    BalasHapus
  36. Menurut saya,kita bisa menggunakan panas matahari,karena dalam kehidupan kita,panas matahari sangatlah diperlukan untuk kehidupan manusia,selain itu kita juga bisa menggunakan air sungai atau pembangkit listrik tenaga air,karena itu lebih mudah untuk penggunaanya di kalangan masyarakat,dan kita juga bisa menggunakan tenaga angin, dengan memasang kabel-kabel di setiap rumah-rumah masyarakat pedesaan,dan itu menurut pendapat saya!
    NAMA : Erika Yunita Kusumawardani
    KELAS : XI IA 4
    NO. INDUK : 5227

    BalasHapus
  37. maka saya akan menggunakan kotoran ternak . karena kotoran ternak bisa jadi sumber energi alternatif yang ramah lingkungan. yaitu Lewat proses fermentasi, limbah yang baunya amat merangsang itu dapat diubah menjadi biogas. Energi biogas mempunyai kelebihan dibandingkan dengan energi nuklir atau batu bara, yakni tak berisiko tinggi bagi lingkungan. Selain itu, biogas tak memiliki polusi yang tinggi. dan sanitasi lingkungan pun makin dan masih tetap terjaga.

    Nama : Try Ananda F
    Kelas : XI IA 2
    No. induk : 5376

    BalasHapus
  38. Nama :Dyah Ajeng F.P
    Kelas : XI IA-2
    Menuru pendapat saya, energi alternatif pengganti listrik yaitu dengan pembangkit listrik tenaga air atau PLTA. PLTA ini menggunakan energi dari air, yang sistem kerjanya mengubah energi dari air yang mengalir menjadi energi mekanik dan kemudian menjadi energi listrik. Saya memilih ini karena mudah dilakukan oleh masyarakat terutama di daerah pedesaan, selain itu juga tidak perlu mengeluarkan banyak biaya.Juga tidak menimbulkan efek buruk atau mengganggu lingkungan. Biasanya dibuat di sungai atau di waduk.

    BalasHapus
  39. Menurut saya, energy yang paling cocok digunkan sebagai energi alternative listrik adalah berasal dari energy matahari. karena energy matahari setiap hari selalu ada dalam kehidupan kita sehari-hari. Sumber energi matahari juga dapat digunakan untuk pemanas air, kalkulator bahkan mobil bertenaga surya. Selain itu kita juga bisa menggunakan sumber energi dari air, kekuatan aliran air bisa menggerakkan turbin. Hasil kekuatan aliran air tersebut bisa menghasilkan energi listrik.

    Nama : rizki novita s.
    Kelas :XI.IA 2
    No.induk : 5351

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Titik Berat Benda Homogen

Pembentukan bayangan pada cermin datar

Pembentukan bayangan oleh Lensa Cekung