ULANGAN TENGAH SEMESTER GANJIL


1.    Sinar datang pada salah satu sisi prisma yang sudut pembiasnya 45˚ dengan sudut datang 30˚. Bila indeks bias prisma 1,6 tentukan besarnya sudut datang pada saat sinar akan keluar dari prisma ! (SKOR = 10)
2.     Sinar datang pada salah satu sisi prisma yang sudut pembiasnya 50˚ dengan sudut datang 31˚. Bila terjadi pembiasan dengan sudut deviasi yang terkecil maka tentukan besarnya sudut bias pada saat sinar keluar dari prisma ! (SKOR = 10)
3.    Sebuah sinar memasuki prisma yang sudut pembiasnya 450º dengan indeks bias 1,4 berada di udara (n=1). Tentukan sudut deviasi minimum bila sinar memasuki sisi prisma tersbut ! (SKOR = 20)
4.    Sebuah prisma yang sudut pembiasnya 10º dan indeks bias medium dimana prisma diletakkan adalah 1,4 dan terjadi deviasi minimum sebesar 16º. Tentukan indeks bias prisma tersebut ! (SKOR = 20)
5.        Sebuah sumber bunyi frekuensinya 1224 Hz bergerak mendekati seorang pengamat dengan kecepatan 34 m/s. Cepat rambat bunyi di udara 340 m/s. Jika pengamat menjauhi sumber bunyi dengan kecepatan 17 m/s, maka frekuensi bunyi yang didengar pengamat adalah … Hz. (SKOR = 10).
6.       Agus berdiri di samping sumber bunyi yang frekuensinya 676 Hz. Sebuah sumber bunyi lain dengan frekuensi juga sebesar 676 Hz menjauhi Agus dengan kecepatan 2 m/s. Jika cepat rambat bunyi di udara 340 m/s, maka Agus akan mendengar layangan dengan frekuensi … Hz. (SKOR = 20)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Titik Berat Benda Homogen

Pembentukan bayangan pada cermin datar

Pembentukan bayangan oleh Lensa Cekung